Ilmuwan: Perempuan Lebih Panjang Umur Dibanding Pria

Ilmuwan: Perempuan Lebih Panjang Umur Dibanding Pria
Ilmuwan: Perempuan Lebih Panjang Umur Dibanding Pria
AUSTRALIA - Para ilmuwan telah menemukan petunjuk mengapa perempuan cenderung lebih panjang umur dibandingkan kaum laki-laki. Hal ini terkait dengan proses mutasi mitokondria yang terjadi di tubuh laki-laki.

Petunjuk ini didapat setelah mereka mempelajari 13 kelompok lalat buah, baik jantan maupun betina. Dimana dari hasil penelitian tersebut, mutasi mitokondria menyebabkan hewan jantan lebih cepat mati di banyak spesies dan jenis binatang. Karenanya ilmuwan meyakini hal itu sebagai penyebab kenapa jenis kelamin perempuan lebih panjang umur.

Menurut Redorbit, para ilmuwan melakukan kajian terhadap DNA mitokondria yang menjadi sumber tenaga sel dengan merujuk pada mutasi-mutasi di dalam DNA mitokondria yang mempengaruhi seberapa lama lalat buah jantan akan terus hidup. "Yang menarik, mutasi yang sama tidak berdampak terhadap lalat buah betina," kata Dr Damian Dowling, dari Universitas Monash di Australia.

Namun pakar biologi dari Universitas Newcastle, Inggris, Tom Kirkwood,  tidak sepenuhnya setuju dengan temuan ini. Dijelaskannya, mitokondria memang memegang peran penting dalam faktor penuaan di banyak spesies. Namun ini tidak menjelaskan sepenuhnya mengapa perempuan cenderung lima atau enam tahun lebih panjang umur dibandingkan laki-laki.

AUSTRALIA - Para ilmuwan telah menemukan petunjuk mengapa perempuan cenderung lebih panjang umur dibandingkan kaum laki-laki. Hal ini terkait dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News