Pakar Epidemiologi AS: Sunat, Cara Murah Cegah HIV

Pakar Epidemiologi AS: Sunat, Cara Murah Cegah HIV
Pakar Epidemiologi AS: Sunat, Cara Murah Cegah HIV
WASHINGTON DC - Pakar epidemiologi terkemuka Amerika menyerukan sunat pada laki-laki untuk menekan tingkat penularan virus HIV. Sunat atau khitan dinilai sebagai cara efektif mengurangi penularan virus penyebab AIDS yang hingga kini belum ditemukan penangkalnya tersebut.

"Cara ini memang tradisional tapi relatif murah untuk mengurangi penularan baru HIV," ujar Dr Daniel Halperin seperti dilansir VOA, Minggu (5/8).

Halperin mengungkapkan hal tersebut dalam bukunya "Tinderbox: How the West Sparked the AIDS Epidemic and How the World Can Finally Overcome It." Buku yang ditulisnya bersama mantan redaktur harian Washington Post, Craig Timberg.

Dijelaskan mengapa penyakit tersebut tidak terlalu berdampak di sebagian Afrika dibandingkan bagian lain Afrika. Virus HIV mendapat jalan untuk menulari Afrika Timur yaitu Rwanda, Uganda, dan bagian-bagian Kenya dekat Danau Victoria, di mana laki-laki tidak disunat. Itu karena tradisi etnis mereka berbeda. Virus itu tidak datang dari Nigeria dan Afrika Barat, melainkan dari Sudan dan Lembah Nil.

WASHINGTON DC - Pakar epidemiologi terkemuka Amerika menyerukan sunat pada laki-laki untuk menekan tingkat penularan virus HIV. Sunat atau khitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News