Ilmuwan Temukan Spesies Monyet Baru di Kongo

Ilmuwan Temukan Spesies Monyet Baru di Kongo
Ilmuwan Temukan Spesies Monyet Baru di Kongo
KONGO - Untuk pertama kalinya dalam 28 tahun ini, ilmuwan menemukan satu spesies baru monyet di Afrika. Primata baru yang ditemukan di daerah konflik Republik Demokratik Kongo itu dikenal secara lokal dengan sebutan "lesula".

Spesies baru ini terpisah dari sepupu terdekatnya oleh dua sungai, yakni Sungai Kongo dan Lomami. Konservasionis menganggap  penemuan ini makin menunjukkan pentingnya perlindungan satwa liar yang beragam di negara tersebut.

Dijelaskan BBC Nature, Rabu (13/9), kontak pertama dengan monyet tersebut terjadi ketika mereka menemukan seekor betina remaja yang disimpan di kandang oleh direktur sekolah dasar kota Opala. Lesula -nama yang umum digunakan di kalangan pemburu lokal- dibawa ke pusat perawatan dan dipantau oleh para ilmuwan.

Selama penyelidikan di daerah setempat, tim menemukan beberapa monyet sejenis yang dipelihara. Penemuan itu lantas dipublikasikan dalam jurnal online Public Library of Science dengan nama latin  lomamiensis Cercopithecus.  "Kita tidak membayangkan betapa pentingnya penemuan biologis ini," kata Dr John Hart dari Yayasan Lukuru, yang memimpin proyek tersebut.

KONGO - Untuk pertama kalinya dalam 28 tahun ini, ilmuwan menemukan satu spesies baru monyet di Afrika. Primata baru yang ditemukan di daerah konflik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News