Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool

Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool
Sail sabang 2017. Foto: Ilustrasi

jpnn.com, SABANG - Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ikut berimbas pada wisata selamnya. Pamornya makin ngehits.

Bahkan menjadi salah satu itinerary wajib para wisatawan saat travelling. Spot-spot snorkling, diving, juga freediving, makin banyak diminati wisatawan.

“Aceh punya semuanya. Melalui Sail Sabang, semua potensi itu diangkat. Dipromosikan,” ungkap Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Sabtu (2/12).

Dan dia tak asal bicara. Saat menggelar freediving competition, nama Aceh langsung viral kemana-mana. Dari dunia nyata hingga dunia maya, semua kompak membicarakan kedahsyatan spot diving Aceh. Atlet dunia ikutan mengakuinya. 

Wiiliam Trubridge misalnya. Atlet freediving pemegang rekor dunia asal Selandia Baru itu begitu terpesona dengan Teluk Balongan, lokasi digelarnya "Sail Sabang Freediving Competition 2017". Dia bersama 40 atlet freediving dunia lainnya ambil bagian di ajang tersebut. 

"Ombaknya cukup baik, kejernihan airnya juga bagus. Semua kondisi itu sangat menyenangkan buat kami para freedivers," ujar pemecah rekor dunia untuk kategori Free Immersion dan Constant Weight Without Fins tahun 2013 ini. 

Dengan kedalaman lebih dari 130 meter di tengah arus laut yang bersahabat, Sabang pun bakal menjadi incaran para atlet freediving. Sebab para atlet akan berlomba memecahkan rekor dunia yang saat ini mencapai 129 meter. 

"Sabang memang punya spot terbaik di dunia. Kalau ingin memecahkan rekor dunia disinlah tempatnya," ujar Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Ramadhani. 

Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ikut berimbas pada wisata selamnya. Pamornya makin ngehits. Spot-spot snorkling, diving, juga freediving makin banyak diminati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News