Sandiaga Pastikan Penyelamatan Pramuwisata di Bali Akan Jadi Prioritas

Sandiaga Pastikan Penyelamatan Pramuwisata di Bali Akan Jadi Prioritas
Menparekraf Sandiaga Uno. Foto: dok. Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan akan memprioritaskan penyelamatan pramuwisata yang ada di Bali agar bisa bangkit dan pulih kembali.

Hal itu tercetus dalam rapat kolaborasi antara Sandiaga bersama Ketua, Sekretaris dan anggota Himpunan Pramuwisata DPD Bali, Kamis (25/2/2021).

Dalam rapat itu Sandiaga bersama Himpunan Pariwisata berhasil memetakan beberapa permasalahan dan potensi solusinya.

"Senang sekali bisa berdiskusi langsung dengan perwakilan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia. Salut melihat semangat mereka. Mereka optimistis bahwa pariwisata akan segera bangkit apalagi dengan adanya vaksinasi yang diprioritaskan untuk pekerja pariwisata yang berada di garda depan," kata Sandiaga.

Dalam pertemuan tersebut Ketua HPI DPD Bali I Nyoman Nuarte, Sekretaris I Komang Puji, dan anggota Putra Yase menyatakan saat ini merupakan saat terberat bagi pramuwisata.

Dikatakannya, saat ini kondisi pramuwisata dibagi dalam beberapa kualifikasi. Pada bagian menengah ke atas mereka bertahan dengan menghabiskan tabungannya selama satu tahun terakhir.

Dan yang menengah dalam fase Mindset. Sedangkan pramuwisata di kelas terbawah sudah pulang ke kampung halamannya, beralih profesi menjadi buruh, nelayan, petani, dan profesi-profesi lainnya, hampir tidak ada kegiatan pramuwisata sama sekali.

"Dari 7.000 anggota yang lapangan kerjanya sirna, para pramuwisata ini mengharapkan mereka yang memiliki 11 divisi bahasa ini diberikan langkah khusus penyelamatan oleh pemerintah, mereka berharap bisa berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan," tambahnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan memprioritaskan penyelamatan pramuwisata yang ada di Bali agar bisa bangkit dan pulih kembali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News