Imbau Polisi Lebih Siaga

Pasca Ledakan Bom Kalimalang

Imbau Polisi Lebih Siaga
Imbau Polisi Lebih Siaga
JAKARTA - Jelang pergantian kepemimpinan di tubuh Kepolisian Republik Indonesia, sejumlah aksi kriminalitas dan kekerasan kembali terjadi di ibukota. Yang terbaru, sebuah bom rakitan amatir meledak di Pasar Sumber Artha, Kalimalang, Bekasi pada pukul 08.15 Kamis (30/9) kemarin. Polisi mengidentifikasi pelaku yang juga korban ledakan sebagai Ahmad bin Abu Ali (38) warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Hingga tadi malam, motif peledakan bom berdaya ledak rendah itu belum jelas benar. Namun, pihak Mabes Polri mengimbau agar jajarannya siaga dan mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang di daerah lain. Diduga kuat, Ahmad berencana meledakkan bom yang berbahan baku petasan itu di keramaian pasar atau di sekitar pos penjagaan polisi yang terletak sekitar 30 meter dari lokasi ledakan.

"Mabes Polri belum memastikan polisi sebagai sasaran bom yang meledak itu. Namun, Polri mewaspadai serangan terhadap institusi dan ini menjadi kewaspadaan," kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Iskandar Hasan di kantornya.

Iskandar mengakui, bom yang meledak itu dirakit secara amatiran. Namun, di TKP ledakan ditemukan sejumlah bahan-bahan berbahaya, seperti paku ukuran 4 centimeter sebanyak 50 buah, bubuk mesiu, dan karbit. Selain itu, pelaku juga menuliskan ancaman dan wasiat bunuh diri dengan spidol pada dua lembar kertas yang dikantonginya.

JAKARTA - Jelang pergantian kepemimpinan di tubuh Kepolisian Republik Indonesia, sejumlah aksi kriminalitas dan kekerasan kembali terjadi di ibukota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News