Imbauan BMKG untuk Warga Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Banyumas, Siap-Siap Ya

Imbauan BMKG untuk Warga Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Banyumas, Siap-Siap Ya
Para petani saat mengelola lahan di musim kemarau. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BANJARNEGARA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, pada pertengahan bulan Juni 2021 wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, akan segera memasuki musim kemarau.

"Tingkat curah hujan pada saat ini kian menurun karena Kabupaten Banjarnegara akan segera memasuki musim kemarau pada bulan Juni dasarian kedua," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Minggu (23/5).

Dikatakan, kondisi serupa, juga diprakirakan akan berlangsung di kabupaten sekitar seperti Purbalingga, Kebumen, dan Banyumas.

Terkait dengan peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, tambah dia, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dampak yang ditimbulkan.

"Misalkan bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan kekeringan maka perlu mewaspadai penurunan intensitas curah hujan karena dapat berdampak pada krisis air bersih," katanya.

Untuk itu, BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mulai bijak menggunakan air guna mencegah terjadinya krisis air bersih saat musim kemarau.

Selain dapat berdampak pada krisis air bersih, penurunan intensitas curah hujan juga dapat meningkatkan potensi kebakaran hutan dan lahan.

"Karena itu ketika memasuki musim kemarau nanti masyarakat kembali diimbau untuk tidak melakukan aktivitas membakar sampah atau ranting karena dikhawatirkan dapat memicu kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Berikut ini informasi dari BMKG yang perlu diketahui warga Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, Banyumas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News