Imelda Incar Kursi Parlemen

Imelda Incar Kursi Parlemen
Imelda Marcos saat mencium kaca peti mati suaminya, Ferdinand Marcos. Foto: Aaron Favila/AP.
BATAC - Istri mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos, Imelda Marcos memilih cara unik saat menyatakan akan kembali berkiprah di dunia politik. Wanita 80 tahun tersebut mencium peti kaca berisi jenazah suaminya yang telah diawetkan, saat memulai kampanye sebagai calon anggota kongres kemarin (26/3).

Pemberian penghormatan kepada mantan presiden yang menuai kontroversi tersebut memberikan kesan tersendiri kepada lawan-lawan politiknya. "Dia (Ferdinand Marcos) adalah presiden terbaik yang pernah ada," cetus Imelda dengan ciri khasnya berpakaian rapi, mengenakan blouse dan celana panjang dengan warna senada. Dia menemui pers di kediaman keluarganya di Kota Batac, Filipina Utara, usai berziarah di makam sang suami yang berada di ruang bawah rumahnya.

"Selama masa kepemimpinannya, kita memiliki integritas wilayah, kemerdekaan, keadilan, dan hak asasi manusia. Apapun yang dikatakan orang (tentang Marcos), masa itu adalah masa terbaik bagi rakyat Filipina," serunya.

Imelda mengejutkan semua pengamat politik di Filipina saat mendaftarkan diri sebagai caleg di detik-detik terakhir jelang penutupan pendaftaran. Dia mendaftar untuk kursi yang pernah diduduki suaminya semasa hidup, sebelum menjabat presiden. Pemilu legislatif Filipina akan dihelat 10 Mei mendatang.

BATAC - Istri mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos, Imelda Marcos memilih cara unik saat menyatakan akan kembali berkiprah di dunia politik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News