Imigran Asal Polandia Ikut Berduka

Imigran Asal Polandia Ikut Berduka
Foto : AP
CHICAGO - Tewasnya Presiden Polandia Lech Kaczynski beserta ibu negara dan para pejabat teras Polandia dalam kecelakaan pesawat, Sabtu (10/4) lalu, tak hanya menyisakan kesediahan mendalam bagi warga Polandia. Para imigran Polandia yang sudah menjadi warga negara lain pun ikut dirudung duka.

Jutaan warga Polandia sejak dua abad lalu memang telah berimigrasi dalam rangka membentuk komunitas yang besar di Amerika Serikat dan Inggris. seperti dikutip dari Associated Press hari ini, mereka menyikapi kematian sang Presiden dan puluhan petinggi militer, gereja dan pejabat resmi Polandia dengan begadang, berdoa dan menulis kata-kata kenangan.

"Ini seperti kehilangan anggota keluarga," ujar Blanche Wiegand, yang ibunya berimigrasi dari Polandia ke Chicago pada 1950. "Saya dari Chicago, tetapi hati saya ada di Polandia," sambungnya.

Weigand tumbuh besar dengan berbahasa Polandia dan makan pierogi (makanan khas Polandia) masakan ibunya. Weigand juga terus berhubungan dengan saudara-saudaranya di Polandia melalui Skype.

CHICAGO - Tewasnya Presiden Polandia Lech Kaczynski beserta ibu negara dan para pejabat teras Polandia dalam kecelakaan pesawat, Sabtu (10/4) lalu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News