Imlek .

Imlek .
Imlek .

Imlek .SAYA harap saya tidak terlambat untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek dan Selamat Chap Go Meh/Hari Valentine.

Baru-baru ini saya di Solo untuk pengambilan gambar dalam seri TV saya, "Ceritalah Indonesia." Syuting dilakukan saat perayaan Imlek.

Bagi Anda yang belum tahu, kata "Imlek" berasal dari dialek Hokkien (阴历).

Baca Juga:

 "Im" berarti Bulan dan "Lek" berarti kalender, merujuk pada kalender China yang mengikut kalendar lunisolar yang menggunakan fase bulan sebagai acuan utama. Atau kalau disederhanakan, artinya menjadi "Tahun Baru Lunar".

Tetapi Imlek sendiri menjadi perayaan sangat penting bagi teman-teman China di Indonesia. Selama era Suharto, mereka tidak diijinkan untuk merayakan acara ini secara terbuka.

Semua bentuk budaya China, dari dialek hingga festival tradisional dilarang oleh rezim Orde Baru, atas nama asimilasi.

Ketika berlakunya kerusuhan anti-China pada Mei 1998 , kota utama di Indonesia, termasuk Solo di Jawa Tengah juga terkena dampak. Di Solo, massa yang marah mengobrak-abrik bangunan, menyasar pusat perbelanjaan dan titik-titik komersial lainnya, terutama yang dimiliki oleh orang Indonesia Tionghoa.

Banyak hal telah berubah di Solo selama beberapa tahun terakhir. Masyarakat serta perpolitikan Indonesia lebih terbuka – jauh jika dibandingkan saat Orde Baru.

SAYA harap saya tidak terlambat untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek dan Selamat Chap Go Meh/Hari Valentine. Baru-baru ini saya di Solo untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News