Impor Beras Hingga September Sekitar 1,84 Juta Ton

Impor Beras Hingga September Sekitar 1,84 Juta Ton
Beras. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Realisasi impor beras tahun ini yang berlangsung hingga September diperkirakan 1,84 juta ton. Jumlah itu lebih kecil daripada keputusan impor beras pemerintah sebanyak 2 juta ton pada April lalu.

”Memang jatahnya segitu, 1,84 juta ton,” kata Direktur Pengadaan Perum Bulog Bachtiar setelah rapat koordinasi beras di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (27/8).

Sebelumnya, realisasi impor beras melalui Bulog mencapai 1,1 juta ton. Sisanya, sebanyak 700 ribu ton, akan masuk ke Bulog hingga September. Beras tersebut didatangkan dari India, Vietnam, Thailand, dan Pakistan.

Data cadangan beras Perum Bulog menyebutkan, hingga Juli 2018, stok beras Bulog berada di angka 1.861.404 ton. Stok cadangan nasional dinyatakan aman apabila Bulog menyimpan 1–1,5 juta ton beras.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, realisasi impor yang lebih kecil dari target itu disebabkan adanya beberapa importer yang terlambat mengirimkan beras ke dalam negeri.

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk membatalkan impor. ”Awalnya bilang sanggup, tetapi sampai tanggal yang dijanjikan tidak datang juga,” ungkapnya.

Darmin menyatakan, impor dilakukan untuk menstabilkan harga beras. Sebab, di pasaran masih banyak yang melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang menjadi acuan harga jual. Selain itu, penyerapan gabah dalam negeri kurang maksimal. Sebab, produksi petani terpengaruh cuaca yang kurang bagus.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penetrasi pasar dengan memperbanyak stok beras di pasar. Itu dilakukan untuk menstabilkan harga dengan pasokan yang lebih banyak. Juga menjaga agar tidak terjadi penumpukan beras yang mengakibatkan harga lebih mahal.

Impor beras tahun ini hingga September mendatang realisasinya sekitar 1,84 juta ton, lebih kecil dibanding keputusan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News