Impor Daging Babi Dihentikan

Impor Daging Babi Dihentikan
Impor Daging Babi Dihentikan

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Indonesia memutuskan menghentikan impor daging babi sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran wabah flu babi (swine influenza) yang kini tengah menjangkiti beberapa negara. Keputusan ini diambil lewat rapat koordinasi antara Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Menko Kesra Aburizal Bakrie dan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Jamal, di gedung Menko Kesra, Senin (27/4).

Sementara itu, Departemen Perhubungan terhitung hari ini meminta para pendatang dari luar negeri untuk mengisi health alert card. Bentuknya, seperti dijelaskan Siti Fadilah, berupa kartu tentang kondisi kesehatan yang bersangkutan. Jika menunjukan gejala flu, pendatang tersebut akan ditangani lebih lanjut oleh tim khusus.

Dijelaskan Menko Kesra pula, tim khusus itu ditempatkan di 10 pintu masuk pelabuhan maupun bandara di Jakarta (Soekarno Hatta, Halim dan Tanjung Priuk), Surabaya, Batam, Bali, Medan, serta Makassar. "Kita sama sekali tak melarang orang asing masuk ke Indonesia," tegas Aburizal.

Sementara, seperti ditegaskan Menkes, penanganan terhadap pasien flu babi sama persis dengan penderita flu burung. "Cukup kasih obat flu burung, Tamiflu," katanya.

Selain terus berkoordinasi dengan lembaga kesehatan PBB (WHO), untuk mengantisipasi flu babi ini, Menkes juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia. Sebanyak 30 ribu sukarelawan juga siap membantu bila penyakit ini menyerang tanah air. (pra)


Berita Selanjutnya:
Masalah BNP2TKI, Tunggu MA

JAKARTA - Pemerintah Indonesia memutuskan menghentikan impor daging babi sampai batas waktu yang belum bisa dipastikan. Langkah ini dilakukan untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News