Impor Garam, Petani Bereaksi

Impor Garam, Petani Bereaksi
Impor Garam, Petani Bereaksi
JAKARTA - Rencana pemerintah mengimpor garam menuai reaksi dari sejumlah kalangan, termasuk para petani garam. Afifurrahman dari Solidaritas Petani Garam Madura (SPGM) menyatakan, rencana mendatangkan garam dari luar negeri bisa mematikan potensi garam nasional. Selain itu, langkah ini bisa menjadi predator anjloknya harga garam di pasaran.

”Di sentra-sentra petani garam seperti Madura, Indramayu, dan Cirebon masih banyak garam yang belum sepenuhnya terserap. Bahkan, harga garam lokal menjadi anjlok dari harga patokan pemerintah sebesar Rp 700 per kg menjadi kisaran Rp 400 per kg karena adanya rencana impor,” tukasnya.

   

Afif mengaku pihaknya mendapat info, bahwa Menteri Perindustrian telah mengeluarkan rekomendasi atau persetujuan impor garam sebanyak 500 ribu ton kepada Menteri Perdagangan dengan alasan untuk kebutuhan sebelum masa panen.

”Kita minta Menteri Perindustrian mencabut rekomendasi izin impor garam tersebut,” tegasnya. Dia menambahkan, jika pemerintah lebih mengutamakan impor daripada memperdayakan petani garam dalam negeri, berarti pemerintah gagal melindungi nasib petani garam.

JAKARTA - Rencana pemerintah mengimpor garam menuai reaksi dari sejumlah kalangan, termasuk para petani garam. Afifurrahman dari Solidaritas Petani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News