Impor Hortikultura Harus Dievaluasi

Impor Hortikultura Harus Dievaluasi
Impor Hortikultura Harus Dievaluasi
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, merasa prihatin dengan pengaturan sistem impor hortikultura di Indonesia yang tak kunjung berjalan dengan baik. Pasalnya hal tersebut berdampak pada melonjaknya harga-harga (inflasi) hingga bulan Maret lalu.

Menurutnya tekanan yang masih besar pada komponen harga yang bergejolak dikarenakan, masih buruknya sistem perlindungan produk holtikultura di Indonesia saat ini.

"Saya kecewa, cara kita memanage hortikultura tidak memadai. Sistem perlindungan dan pengendalian yang dilakukan terhadap produk holtikultura yang ada di Indonesia, membuat distorsi yang besar di lapangan, antara produk impor dan dalam negeri," ucap Hatta di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (4/4).

 

Dari sistem tersebut diakui Hatta banyak masalah yang timbul, seperti timbulnya kartel pada beberapa produk."Kalau mau jalankan model seperti sekarang ini, harus dibatasi waktunya cepat. Walaupun saya tidak begitu happy dengan sistem ini, karena sangat rentan menimbulkan kartel," terangnya.

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, merasa prihatin dengan pengaturan sistem impor hortikultura di Indonesia yang tak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News