Impor Produk Jepang Ungguli Tiongkok

Impor Produk Jepang Ungguli Tiongkok
Impor Produk Jepang Ungguli Tiongkok
JAKARTA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengemukakan arus impor barang dari Jepang ke Indonesia tumbuh lebih deras dibandingkan produk Tiongkok. Meskipun dari sisi nilai impor ke Indonesia, produk Tiongkok merajai di semua negara.

"Panguasaan volume impor memang lebih besar Tiongkok, tapi kalau laju perkembangan impor Jepang nomor satu," kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Prasetyantoko di Jakarta, Selasa (26/4).

Menurut Prasetyantoko, perkembangan impor Indonesia dibandingkan antara 2009 dengan 2010 berkembang 72,37 persen dengan perubahan nilai dari USD 9,8 miliar menjadi USD 16,9 miliar. Sedangkan pada periode yang sama impor dari Tiongkok hanya berkembang 45,93 persen dari USD 13,5 miliar menjadi USD 19,7 miliar. "Tiongkok itu urutan ke-5 dari sisi pertumbuhan arus impor setelah Jepang, Thailand, Taiwan, dan Korea," ujarnya.

Dikemukakan, masyarakat Indonesia i selama ini telalu terfokus kepada Tiongkok, tetapi tidak melihat negara lain yang juga berpengaruh pada industri dalam negeri. "Kalau Tiongkok kita lihat sebagai momok, ternyata yang lain juga lebih menakutkan," tegasnya.

JAKARTA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengemukakan arus impor barang dari Jepang ke Indonesia tumbuh lebih deras dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News