IN2MOTIONFEST 2022 Ajang Menuju Modest Fashion Dunia

IN2MOTIONFEST 2022 Ajang Menuju Modest Fashion Dunia
Pembukaan International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2022 mengusung tema “Local Product, Global Look". Foto: Dok. ISEF

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dan keanekaragaman kain dari berbagai daerah, Indonesia memiliki modal besar dalam memenangkan kompetisi pasar modest fashion (busana yang sopan) baik di tingkat lokal maupun global.

Bersamaan dengan seremoni pembukaan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM, dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2022 pada 5-9 Oktober 2022 di Jakarta.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan IN2MOTIONFEST yang pertama, dengan mengusung tema “Local Product, Global Look".

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat branding modest fashion Indonesia, melahirkan desainer dan brand yang dikenal dan berdaya saing global, serta meningkatkan kapasitas para pelaku usaha baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan tetap mempertimbangkan aspek keberlanjutan dengan memperhatikan seluruh rantai pasok dan siklus garmen, mulai dari sumber bahan baku, teknik atau metode produksi, etika kerja, hingga pengelolaan limbah lingkungan.

Prinsip sustainable fashion sejalan dengan prinsip thayyiban (kebaikan) yang merupakan bagian dari konsep halal. Hal ini merupakan salah satu bentuk penguatan branding produk fesyen muslim Indonesia di pasar domestik dan global.     

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam sambutan pembukaan menyampaikan tiga esensi utama dalam penyelenggaraan IN2MOTIONFEST 2022.

Pertama, pentingnya peran perempuan dalam memajukan UMKM, di mana dua pertiga UMKM digerakkan oleh kaum perempuan.

Memajukan modest fashion secara simultan juga memajukan ekonomi perempuan dan ekonomi keluarga untuk membentuk pemimpin-pemimpin Indonesia.

Produk-produk fashion yang ditampilkan dalam ajang IN2MOTIONFEST 2022 mengedepankan penggunaan wastra nusantara serta kain lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News