INAF Kaji Opsi Obligasi Rp 300 Miliar

INAF Kaji Opsi Obligasi Rp 300 Miliar
INAF Kaji Opsi Obligasi Rp 300 Miliar
JAKARTA - PT Indofarma Tbk (INAF) tengah menyiapkan skema penerbitan obligasi sebesar Rp 300 miliar pada semester pertama 2012. Penerbitan obligasi  itu dilakukan untuk pembangunan pabrik baru obat generik dan juga membiaya  proses peningkatan kualitas produk perusahaan menjadi standar  internasional.

 

Peluncuran obligasi itu dilakukan bila rencana pemerintah untuk  menyatukan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di  sektor farmasi dalam sebuah holding (regrouping farmasi) urung  dilancarkan tahun ini. “Posisi kami menunggu kepastian dari program  regrouping farmasi. Kalau dilakukan maka kami (seluruh BUMN farmasi)  bakal melakukan right issue secara kolektif,” tukas Ahdia Amini,  Corporate Secretary INAF, di Jakarta.

 

Nah, kalau rencana regrouping gagal dilakukan maka opsi menerbitkan  obligasi bakal mulus. Opsi ini dilakukan secara mandiri manajemen  menilik kebutuhan yang ada. Nantinya, hasil obligasi senilai Rp 300  miliar itu untuk peningkatan standard dan juga pembangunan pabrik  baru. Pembangunan pabrik baru itu sangat mendesak seiring potensi  pertumbuhan permintaan pasar terhadap obat generik yang ke depan  diyakini akan melonjak signifikan.

 

Selain itu, seiring penerapan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) pada 2014 dan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) pada 2017  mendatang diperkirakan akan mendongkrak pertumbuhan pasar obat generik  dari 15 persen menjadi 40 persen pasca penerapan BPJS-SJSN. Kontribusi  obat generik terhadap total pasar farmasi nasional pun diyakini juga  akan tumbuh dari 10 persen menjadi 40 persen. “Pasar farmasi nasional saat ini tercatat Rp 44 triliun. Dari nilai itu, pasar obat generik  baru antara Rp 3,4-4,4 triliun,” imbuhnya.

 

JAKARTA - PT Indofarma Tbk (INAF) tengah menyiapkan skema penerbitan obligasi sebesar Rp 300 miliar pada semester pertama 2012. Penerbitan obligasi 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News