Indahnya Dusun Butuh Magelang, Berjuluk Nepal van Java

Indahnya Dusun Butuh Magelang, Berjuluk Nepal van Java
Dusun Butuh Desa Temanggung Kaliangkrik kini dikenal sebagai Nepal di Jawa Tengah. Foto: Berita Magelang

jpnn.com, MAGELANG - Meski jauh di pelosok desa, keindahan Dusun Butuh, Desa Temanggung Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, sangat luar biasa.

Nepal van Java, demikian julukan untuk Dusun Butuh. Dusun ini juga dijadikan basecamp bagi pendaki yang ingin menuju puncak Gunung Sumbing.

Sudah banyak yang mengakui, kalau keindahan dusun ini sangat istimewa. Seribu kata mungkin belum cukup untuk mengungkapkan rasa kagum pada ciptaan Illahi ini.

Dikatakan istimewa karena banyak rumah penduduk yang dibangun berdempetan dari bawah hingga atas yang terletak di lereng gunung.

Bangunannya pun kukuh dan banyak yang bertingkat dengan cor beton. Sehingga deretan rumah milik penduduk ini mirip bangunan hotel bertingkat bila dilihat dari kejauhan.

Banyak pendaki maupun wisatawan yang datang menamakan dusun ini dengan “Namache Bazaar”, di Nepal. Kini, dusun Butuh dikenal sebagai Nepalnya Jawa tengah.

Menurut Kepala Dusun Butuh, Lilik Setyawan, sejak viral sebagai Nepalnya Jawa tengah, mulai banyak wisatawan yang berkunjung. 

Kalau dulu yang datang adalah para pendaki yang akan naik gunung melalui basecamp Butuh, kini keadaannya sudah berbeda.

Keindahan Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang, sangat luar biasa hingga dijuluki Nepalnya Jawa tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News