JPNN.com

India Blokir Ratusan Aplikasi Mobile Termasuk PUBG dan Tencent

Jumat, 04 September 2020 – 07:13 WIB
India Blokir Ratusan Aplikasi Mobile Termasuk PUBG dan Tencent - JPNN.com
Ilustrasi - Gim PUBG. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah India memblokir 118 aplikasi mobile yang sebagian besar buatan Tiongkok, termasuk gim PUBG dan Tencent.

Langka ini kian menekan perusahaan teknologi asal Tiongkok menyusul perselisihan antara India dan Beijing di wilayah perbatasan.

Selain PUBG, ratusan aplikasi lain yang diblokir termasuk Baidu dan ShareSave milik Xiaomi.

Pemblokiran ini diumumkan sehari setelah seorang pejabat India mengatakan telah mengerahkan pasukan di empat puncak bukit strategis tak lama dari apa yang India sebut upaya serangan China di sepanjang perbatasan Himalaya.

Kementerian teknologi India mengatakan, ratusan aplikasi tersebut merupakan ancaman bagi kedaulatan dan keamanan India.

"Aplikasi ini mengumpulkan dan membagikan data secara diam-diam serta membahayakan data dan informasi pribadi dan informasi pengguna yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi keamanan negara," kata kementerian India seperti dilansir Reuters, Kamis (3/9).

Pemblokiran ini tentunya menjadi pukulan bagi Tencent di India. Pasalnya, PUBG merupakan gim sangat populer di negara tersebut.

Berdasarkan data SensorTower, India menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah donwload PUBG dengan 175 juta pemasangan, atau 24 persen dari total.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri