India Coba Sensus Biometrik

Data 1,2 Miliar Penduduk

India Coba Sensus Biometrik
India Coba Sensus Biometrik
NEW DELHI - India berusaha mengumpulkan data penduduknya seakurat mungkin. Tak sekadar mengidentifikasi warganya lewat foto, pemerintah negeri Gangga itu juga mengumpulkan sidik jari mereka. Inilah kali pertama India melakukan cacah jiwa dengan menggunakan sistem biometrik, yang menghindarkan identitas ganda.

Diperkirakan, penduduk India saat ini mencapai 1,2 miliar. Mulai dari yang tinggal di apartemen mewah, bantaran rel kereta api, taman, hingga di kolong jembatan.

"Ini adalah kali pertama dalam sejarah, dilakukan identifikasi, menjumlah, dan menghitung serta merekam, hingga akhirnya menjadi 1,2 miliar kartu identitas," papar Menteri Dalam Negeri India, Palaniappan Chidambaram, seperti dilansir Associated Press, Kamis (2/4).

Latihan pendataan sendiri telah dilakukan sejak tahun lalu, untuk memperlancar tugas petugas sensus. Lantas, dalam enam bulan ke depan, mereka (petugas) akan mulai memasuki 630.000 desa dan lebih dari 5.000 kota di India.

NEW DELHI - India berusaha mengumpulkan data penduduknya seakurat mungkin. Tak sekadar mengidentifikasi warganya lewat foto, pemerintah negeri Gangga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News