India Segera Gantikan China Sebagai Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia

India Segera Gantikan China Sebagai Negara Berpenduduk Terbanyak di Dunia
Warga permukiman kumuh di Mumbai mengeluhkan kebijakan lockdown yang diterapkan pemerintah India dalam rangka melawan virus corona. Foto: Reuters

jpnn.com, NEW DELHI - Laporan PBB menunjukkan bahwa India akan melampaui China sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia pada tahun 2023.

Kedua negara sama-sama tercatat memiliki lebih dari 1,4 miliar penduduk tahun ini.

Laporan yang dirilis bertepatan dengan Hari Populasi Dunia itu memperkirakan populasi dunia yang mencapai 8 miliar pada 15 November tahun ini, dapat tumbuh menjadi 8,5 miliar pada 2030, dan 10,4 miliar pada 2100, karena laju kematian melambat.

Populasi India adalah 1,21 miliar pada tahun 2011, menurut sensus domestik yang dilakukan sekali dalam satu dekade. Pemerintah telah menunda sensus penduduk tahun 2021 karena pandemi COVID-19.

Populasi dunia tumbuh pada laju paling lambat sejak 1950, setelah turun di bawah 1 persen pada tahun 2020, menurut perkiraan PBB.

Pada 2021, rata-rata kesuburan penduduk dunia mencapai 2,3 kelahiran per perempuan seumur hidup, setelah turun dari sekitar 5 kelahiran pada 1950.

Kesuburan global diproyeksikan menurun lebih jauh menjadi 2,1 kelahiran per perempuan pada tahun 2050.

"Ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman kita, mengakui kemanusiaan kita bersama, dan mengagumi kemajuan dalam kesehatan yang telah memperpanjang rentang hidup dan secara dramatis mengurangi angka kematian ibu dan anak," kata Sekretaris Jenderal PBB Antnio Guterres dalam sebuah pernyataan.

Laporan PBB menunjukkan bahwa India akan melampaui China sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dalam waktu dekat

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News