India Tolak Paten Obat Novartis

India Tolak Paten Obat Novartis
India Tolak Paten Obat Novartis
NEWDELHI - Obat-obatan generik merupakan kebutuhan utama bagi jutaan orang di Afrika dan negara-negara berkembang lainnya. Obat generik dengan harga murah terbukti berhasil memperpanjang kelangsungan hidup banyak pasien.

Namun, kondisi obat murah yang dinikmati masyarakat India dan juga dunia bakal diuji. Pasalnya, perusahaan obat raksasa asal Swiss, Novartis menuntut secara hukum mengenai hak paten obat di India. Sengketa yang bakal dibahas bulan depan ini bisa menentukan apakah obat-obatan yang murah bisa mudah diperoleh jutaan orang di seluruh dunia.

”Sebelumnya, kami tidak punya obat generik, mungkin hanya satu atau dua persen pasien saya yang bisa membeli obat-obatan dari luar negeri. Sekarang 60 sampai 70 persen dapat dengan mudah membeli sedikitnya satu obat yang bisa membuat mereka bertahan hidup mungkin 10 tahun lagi atau lebih," ujar Dr Suniti Solomon, seperti dilansir VOA.

Dr Suniti sendiri  telah mengobati ribuan laki-laki dan perempuan yang mengidap HIV di kliniknya di kota Chennai selatan sejak ia mendeteksi penularan AIDS pertama 25 tahun lalu. Versi generik obat-obatan bermerek yang dihasilkan industri obat generik India yang sekarang melambung  banyak membantu pasien-pasiennya.

 

NEWDELHI - Obat-obatan generik merupakan kebutuhan utama bagi jutaan orang di Afrika dan negara-negara berkembang lainnya. Obat generik dengan harga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News