Indikator Politik: Mayoritas Pemilih Jokowi Kini Mendukung Ganjar di Pilpres 2024

Indikator Politik: Mayoritas Pemilih Jokowi Kini Mendukung Ganjar di Pilpres 2024
Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo. Foto : Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru tentang dinamika elektoral para tokoh menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam survei terbaru itu, mayoritas pendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Pilpres 2019 lebih mendukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Ganjar Pranowo yang merupakan bacapres dari PDIP itu mendapatkan suara 49,3 dari para basis massa Jokowi - Ma'ruf Amin.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan suara dukungan terhadap Ganjar Pranowo memang sempat menurun dari basis pemilih Jokowi - Ma'ruf Amin pada April 2023.

Dia menilai itu merupakan efek batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Tetapi saat itu pemilih Pak Jokowi - Kiai Ma'ruf tidak lari ke yang lain. Nah ketika akhirnya Ganjar dapat tiket dari PDI-Perjuangan, basis pemilih Pak Jokowi - Kiai Ma'ruf mulai pulih lagi," kata Burhanuddin saat merilis hasil survei pada Minggu (23/7).

Selain itu beberapa pemilih Jokowi - Ma'ruf Amin memang juga ada yang mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Namun, jumlahnya tidak begitu signifikan yakni hanya 28,5. Hal itu juga tidak terlepas dari adanya endorsement Presiden Jokowi kepada Prabowo beberapa waktu lalu.

Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan mayoritas pemilih Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 kini beralih mendukung Ganjar Pranowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News