Indonesia Butuh Perbaikan Iklim dan Insentif

Sektor Riil Masih Stabil

Indonesia Butuh Perbaikan Iklim dan Insentif
KRISIS GLOBAL: Deputi gubernur BI senior Miranda Gultom, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Darmin Nasution, dan Menkeu Sri Mulyani saat memberi keterangan pers di gedung Depkeu, Kamis (9/10). Konpres mengenai dampak krisis global terhadap perekonomian Nasional. Foto; AGUS WAHYUDI / JAWA POS
JAKARTA - Di tengah pasar finansial yang bergejolak, ternyata ada sektor riil yang belum terkena dampak. Setidaknya, tiga hingga enam bulan ke depan beberapa sektor yang diprediksi masih bisa bertahan. Syaratnya, situasi pasar dalam negeri harus tetap kondusif serta ditunjang pemberian stimulus kepada dunia usaha.

Sekjen Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ernovian G. Ismy menyatakan, krisis di AS berpengaruh kecil bagi industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Meski termasuk menggantungkan pasar AS, industri TPT mampu mencatatkan pertumbuhan ekspor ke AS pada Januari-Juni 2008.

''Ekspor TPT Indonesia meningkat tipis 0,75 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi USD 2,14 miliar, sedangkan volumenya naik 0,9 persen,'' jelas Ernovian di Jakarta, Kamis (9/10). Meski target ekspor TPT tahun ini terkoreksi dari 10 persen menjadi 7 persen, secara umum ekspor TPT masih aman.

Yang terpenting, lanjut dia, pemerintah harus melakukan perbaikan total terhadap iklim usaha. Misalnya, menurunkan PPh badan usaha dari 30 persen menjadi 25 persen seperti Singapura. ''Kalau Obama terpilih sebagai presiden AS, saya pikir kepercayaan masyarakat Amerika akan pulih dan lambat laun ekonominya bergerak kembali,'' ungkapnya.

JAKARTA - Di tengah pasar finansial yang bergejolak, ternyata ada sektor riil yang belum terkena dampak. Setidaknya, tiga hingga enam bulan ke depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News