Indonesia Harus Kembali jadi Negara Swasembada Beras

Indonesia Harus Kembali jadi Negara Swasembada Beras
Indonesia Harus Kembali jadi Negara Swasembada Beras
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Isran Noor mengatakan pentingnya peran masyarakat dalam meningkatkan kemandirian pangan. Pasalnya, ketidakseimbangannya antara kebutuhan pangan dan ketersediaannya akan berdampak pada krisis yang berkebanjangan.

"Dalam meningkatkan kemandirian pangan Indonesia bahkan stabilitas Pangan International, diperlukan peran Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah baik itu Kabupaten dan Kota, serta seluruh komponen masyarakat baik petani maupun penyuluh," kata Isran di Jakarta, Minggu (02/09).

Makanya, untuk menjaga ketahanan pangan Apkasi menggandeng Perhimpunan Penyuluh Pertanian Seluruh Indonesia (Perhiptani) yang punya peran penting dalam meningkatkan produksi pangan. Isran yang juga Bupati Kutai Timur mengatakan harus ada upaya nyata dalam meningkatkan produksi Beras.

"Input teknologi harus masuk, namun itu saja tidak cukup untuk mengatasi masaah pangan, harus diikuti dengan perluasan lahan pertanian. Mengenai lahan yang tidak ada, sebenarnya bukan tidak ada,tapi perlu adanya prosedur-prosedur yang dijalankan, dan kami akan terus upayakan itu" katanya.

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Isran Noor mengatakan pentingnya peran masyarakat dalam meningkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News