Minggu, 19 November 2017 – 04:44 WIB

Indonesia Jadi Host Pertama Pameran Business Event ASEAN

Selasa, 14 November 2017 – 12:35 WIB
Indonesia Jadi Host Pertama Pameran Business Event ASEAN - JPNN.COM

Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Tahun 2018 benar-benar menjadi tahun pariwisata Indonesia. Sejumlah even pariwisata kelas dunia siap menyapa. Dari mulai Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018, lalu IMF World Bank Group di Bali pada Oktober 2018.

Dan yang terakhir ada pameran bisnis Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Business Event ASEAN di ICE BSD Tangerang pada 9-11 April 2018 mendatang. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuty mengatakan, pameran MICE/Busines Event ASEAN 2018 merupakan kali pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

Selanjutnya penyelengaraan kegiatan ini akan bergilir di antara 10 negara anggota ASEAN. “Ini merupakan peluang bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Penyelenggara MICE/Busines Event ASEAN 2018 yang tentunya selain mendatangkan wisman, juga akan memberikan kesempatan bagi para sellers merebut peluang bisnis di bidang MICE atau busines event,” kata Esthy Reko Astuty di Jakarta, Senin (13/11).

Mengusung tema besar Destin ASEAN plus; for meetings & events, even itu nantinya akan diikuti 200 peserta (sellers). Buyersnya? Angkanya menembus 300 buyers internasional. Sementara dari Indonesia ada 200 buyers potensial.

"Peningkatan kegiatan MICE dalam negeri ini telah menciptakan peluang pasar yang besar bagi para PCO di Tanah Air. Pangsa pasar di dalam negeri yang tumbuh besar menjadi kekuatan untuk memenangkan bisnis MICE global. Itu sebabnya Kemenpar ikut mendukung even ini,” paparnya.

Yang membuat wanita berkerudung itu makin happy karena wisman yang mengikuti kegiatan MICE mempunyai pengeluaran di atas rata-rata. Umumnya 3-5 kali lebih tinggi dari wisatawan biasa.

Dan biasanya, mereka datang dalam jumlah besar dan sangat berpeluang datang kembali sebagai repeater guest. “Jangan lupa, MICE masuk dalam lima teratas atau top five contributors dalam mendatangkan wisman, selain wisata belanja dan kuliner; wisata heritage dan religi; wisata bahari; dan wisata olahraga," katanya.

Terpisah, Ketua Penyelenggara sekaligus sebagai penggagas pameran Indra Sukirno mengatakan, ASEAN selain sebagai destinasi yang penuh pesona. Juga merupakan pasar yang sangat potensial. Bila digabungkan, jumlah penduduknya mencapai 600 juta. Bila ditambah dengan negara afiliasinya seperti Amerika, Tiongkok, dan India, ASEAN plus, angkanya bahkan enguasai 90 persen total populasi dunia.

SHARES
loading...
loading...
Komentar