Indonesia Lirik Potensi Ekspor Jasa

Indonesia Lirik Potensi Ekspor Jasa
Indonesia Lirik Potensi Ekspor Jasa
JAKARTA - Untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi, Indonesia tidak hanya berupaya maksimal meningkatkan pasar ekspor barang. Kini, Indonesia tengah melirik potensi ekspor jasa yang dinilai cukup menjanjikan. Kepada wartawan, Jumat (24/9), di Jakarta, Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengatakan, pemerintah terus melakukan verifikasi kebutuhan pasar, termasuk verifikasi produk.

"Kami sudah menghadiri berbagai forum, seperti World Development. Di situ kita tahu, bahwa yang berkembang saat ini termasuk ekspor jasa. Ini sebenarnya sangat menjanjikan untuk negara-negara berkembang seperti kita," kata Mari.

Sektor jasa dinilai layak ekspor, karena memiliki banyak variasi dan dibutuhkan oleh hampir seluruh sektor perindustrian dan perdagangan. Di mana bentuknya, seperti dicontohkan Mendag, dengan membentuk tenaga kerja yang terampil dan handal.

"Bisa disebut, outsourcing di dalam negeri, lalu kemudian ekspor jasa. Variasinya banyak, ada jasa desain, arsitek, animasi, komputer. Semua itu sangat menjanjikan. Ini bagian dari industri kreatif, dan akan terus kita dorong," kata Mendag lagi.

JAKARTA - Untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi, Indonesia tidak hanya berupaya maksimal meningkatkan pasar ekspor barang. Kini, Indonesia tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News