Indonesia Makin Lantang Bersuara untuk Kawasan Pasifik

Indonesia Makin Lantang Bersuara untuk Kawasan Pasifik
Tangkapan layar: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam video pengarahan pers usai menghadiri petermuan dialog tingkat tinggi tentang Indo-Pasifik di Praha, Republik Ceko pada Senin (13/6/2022). Foto: ANTARA/Yuni Arisandy

jpnn.com, NUSA DUA - Pemerintah Indonesia telah begitu lantang menyuarakan dukungan dan komitmen terhadap kawasan Pasifik, termasuk negara-negara pulau kecil yang tercakup di dalam kawasan tersebut.

Bukti dari komitmen tersebut baru-baru ini kembali tercermin melalui forum Indonesia-Pacific Forum for Development yang diselenggarakan oleh Indonesia pada Rabu (7/12), dengan acara tambahan yang berlangsung hingga Kamis (8/12) di Nusa Dua, Bali.

Forum tersebut fokus pada kerja sama pembangunan dengan negara-negara di kawasan Pasifik, sebagai bentuk nyata upaya Indonesia untuk meningkatkan keterlibatan di kawasan itu.

Para perwakilan dari berbagai negara dan organisasi, termasuk Niue, Mikronesia, Vanuatu, Kepulauan Marshall, Amerika Serikat, Prancis, Palau, Kepulauan Solomon, Selandia Baru, Australia, Timor Leste, Fiji, Tonga, Korea Selatan, Jepang, Kepulauan Cook, Papua Nugini, Melanesian Spearhead Group, Asian Development Bank, dan Pacific Islands Forum turut menghadiri pertemuan tingkat menteri yang mengawali rangkaian acara dalam pertemuan tersebut.

Dalam pidato pembukanya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa sebagai salah satu negara Pasifik, Indonesia sendiri menghadapi berbagai tantangan yang sama dengan negara lain di kawasan.

Ia pun mengajak para perwakilan negara yang hadir untuk bersama-sama menghadapi tantangan itu sebagai satu keluarga.

Upaya Indonesia dalam mewujudkan visi tersebut menjadi bukti nyata atas komitmen pemerintah dalam mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk kawasan Pasifik. Retno mengajak para peserta IPFD untuk "walk the talk" dan merealisasikan berbagai hasil pertemuan tersebut untuk kerja sama yang lebih kuat. Ia pun mengatakan bahwa hal itu dapat dimulai dari berbagai isu yang menjadi tantangan bersama.

Terdapat tiga poin yang diajukan oleh Indonesia untuk menjadi fokus pembahasan pada forum tersebut.

Pemerintah Indonesia telah begitu lantang menyuarakan dukungan dan komitmen terhadap kawasan Pasifik

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News