Indonesia Menjelma jadi Negara Menakutkan buat Australia

Indonesia Menjelma jadi Negara Menakutkan buat Australia
Australia keluarkan peringatan traveling ke Indonesia. Foto: DFAT

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Australia mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk waspada jika ingin travelling atau sedang berada di Indonesia. Dilansir oleh Department of Foreign Affairs and Trade, Australia terkesan begitu takut terhadap kondisi di Indonesia.

Di sana disebutkan berbagai macam ancaman, seperti bahaya tingkat tinggi serangan teroris, hukuman berat bagi pelanggaran narkotika (termasuk hukuman mati), beberapa risiko kesehatan, hingga risiko bencana alam.

"Kami terus menerima informasi yang menunjukkan bahwa teroris mungkin merencanakan serangan di Indonesia, yang dapat terjadi setiap saat. Pada tanggal 3 Januari 2015, Pemerintah AS juga memperingatkan ancaman potensial terhadap warga AS terkait hotel dan bank di Surabaya," ujar pernyataan di situs tersebut.

Memperkuat alasannya, pemerintah Australia juga sedikit mengilas kembali, rentannya pertemuan (keramaian) di tempat-tempat ibadah selama Natal dan Tahun Baru yang menjadi target massa di masa lalu seperti di Poso dan Solo.

"Bisa menyerang lagi. Periode ini juga bisa menjadi menarik target teroris. Teroris sebelumnya telah menyerang atau merencanakan untuk menyerang tempat-tempat tersebut, termasuk klub malam, bar, restoran, hotel internasional, bandara dan tempat-tempat ibadah di Bali, Jakarta dan tempat lain di Indonesia. Kelompok teroris tetap aktif di seluruh Indonesia meskipun polisi terus melakukan operasi."

Australia juga meningatkan warganya agar berhati-hati khususnya di sekitar lokasi yang memiliki tingkat keamanan yang rendah, harus menghindari semua protes, demonstrasi dan unjuk rasa karena mereka (demonstran) bisa berubah menjadi liar tanpa peringatan. 

"Indonesia juga subjek berbagai bencana alam termasuk gunung berapi, gempa bumi, tsunami, dan banjir. Anda harus memperhatikan prosedur darurat dan memantau peringatan lokal. Pengunjung ke Indonesia, harus menyadari risiko dari kejahatan, penipuan kartu kredit/ATM penipuan. Pengunjung juga harus menyadari bahwa ada risiko rabies di seluruh Indonesia, khususnya Bali dan Nias."

Pemerintah Australia juga menyarankan warganya untuk mempertimbangkan kembali keinginan traveling ke Sulawesi Tengah, Maluku, Papua dan Papua Barat di mana risiko keselamatan dan keamanan tambahan yang ada. Disebukan di situs ini, sejak Oktober 2012, sejumlah insiden kekerasan telah dilaporkan di Poso, Sulawesi Tengah. 

JAKARTA - Pemerintah Australia mengeluarkan peringatan kepada warganya untuk waspada jika ingin travelling atau sedang berada di Indonesia. Dilansir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News