Indonesia Minat Datangkan Bus Kangkang Tiongkok, Lihat!

Indonesia Minat Datangkan Bus Kangkang Tiongkok, Lihat!
Uji coba TEB di Hebei, Tiongkok. Foto: news.cn/xinhua

jpnn.com - HEBEI - Meski baru tahap uji coba di Tiongkok, transit elevated bus (TEB) sudah menarik minat sejumlah negara. Xinhua melaporkan, di antara negara yang sudah kepincut dengan bus kangkang ini adalah Brasil, Prancis, India dan....Indonesia!

TEB bukan bus biasa. Badan bus dibuat tinggi, sedangkan kakinya dirancang langsing dan melintasi jalur khusus di kanan-kiri jalan raya. Dijamin, TEB tidak mengganggu arus lalu lintas di bawahnya. Keuntungan terbesar dari TEB adalah menghemat banyak ruang di jalan.

Bus ini memiliki panjang 22 meter, lebar 7,8 meter, dan tinggi 4,8 meter. Dalam uji coba yang dilakukan di Qinhuangdao City, Provinsi Hebei, Selasa (2/8), yang juga membuat penduduk setempat ternganga, TEB berjalan sejauh 300 meter di jalur yang sudah disiapkan.

Yang diuji adalah sistem pengereman, tarikan, serta konsumsi bahan bakarnya. Meski baru uji coba, desain interiornya sudah lengkap. Tempat duduk berjajar di samping maupun di bagian tengah. Jika sudah beroperasi nanti, bus itu mampu membawa 300 penumpang. Wow!

"TEB memiliki fungsi seperti kereta bawah tanah, namun biaya konstruksinya kurang dari seperlima dari kereta bawah tanah,’’ terang salah seorang teknisi TEB Bai Zhiming kepada CCTV. 

Ide awal pembuatannya dulu adalah untuk mengurangi kemacetan dan polusi. Karena itu, TEB dibuat dengan ukuran besar. Satu TEB bisa menggantikan 40 bus konvensional. Nah, TEB bisa digandeng hingga empat buah dalam satu rute. Dengan kata lain, sekali jalan bisa membawa hingga 1.200 orang. Bus dengan desain futuristik tersebut diharapkan mampu berjalan dengan kecepatan 60 kilometer per jam. (sha/c19/any/adk/jpnn)


HEBEI - Meski baru tahap uji coba di Tiongkok, transit elevated bus (TEB) sudah menarik minat sejumlah negara. Xinhua melaporkan, di antara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News