Indonesia Optimistis Akan Disegani Dunia, Ini Syaratnya

Indonesia Optimistis Akan Disegani Dunia, Ini Syaratnya
Gubernur NTT Frans Lebu Raya (tengah) saat peluncuran Gerakan Literasi Membaca di sela-sela upacara Hardiknas di alun-alun rumah jabatan gubernur. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com - KUPANG – Gubernur NTT Frans Lebu Raya bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kota Kupang.

Dalam kesempatan itu, Gubernur NTT membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Anies Baswedan, yang menitikberatkan berbagai tantangan pendidikan saat ini dan ke depan.

Dikatakan, Hardiknas sesungguhnya dirayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia.

Presiden Jokowi telah menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya.

“Kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Kita ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang,” tegas gubernur mengutip sambutan Mendikbud seperti dilansir Timor Express (JPNN Group).

Menurutnya, literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan karena memungkinkan anak-anak meraih ilmu dan kemampuan yang lebih tinggi serta menerapkannya kepada kehidupan hariannya.

“Bila selama ini kita fokus pada literasi baca tulis dan berhitung yang masih harus kita perkuat, maka kini kita perlu pula memperhatikan literasi sains, literasi  teknologi, literasi finansial dan literasi budaya,” katanya.(JPG/fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News