Indonesia Perlu Bangun Stockpile Batubara

Indonesia Perlu Bangun Stockpile Batubara
Indonesia Perlu Bangun Stockpile Batubara
JAKARTA-Indonesia perlu memikirkan untuk membangun stockpile batubara guna menjaga keamanan pasokan batubara nasional dalam jangka panjang, sekaligus mengefisiensikan penyediaan batubara. Stok nasional ini dapat dimanfaatkan oleh para pembeli seperti  PLN, yang merupakan perusahaan negara maupun perusahaan domestik lainnya.

Demikian disampaikan Pengamat Energi dan Kelistrikan, Herman Darnel Ibrahim dalam diskusi bertajuk ”Mencari Format Ideal Manajemen Stockpile Bahan Bakar Pembangkit PLN” yang diselenggarakan Forum Kajian Energi dan Mineral Indonesia (Forkei) di Jakarta, Selasa (18/11).

”Adanya stockpile akan menambah efisiensi penyediaan batubara untuk domestik maupun ekspor, termasuk efisiensi transport. Stockpile juga akan menambah keterjaminan (sekuriti) pasokan batubara khususnya untuk domestik,” kata Herman.Mantan Direktur Transmisi dan Distribusi PT PLN (Persero) ini juga mengatakan, stockpile sangat dibutuhkan apalagi pada saat perubahaan cuaca yang kurang bersahabat seperti belakangan ini yang tentunya dapat mengganggu transportasi batubara dari produsen ke konsumen.”Tapi bila mempunyai stockpile secara nasional permasalahan ini dapat diatasi,” ujarnya.

Menurut Herman, stockpile Nasional bisa disediakan oleh sebuah perusahaan BUMN yang mungkin dibentuk pemerintah atau Joint Ventures dan dengan cara penyewaan gudang.”Hal ini perlu segera dipikirkan pemerintah, kerana akan mempermudah atau lebih memungkinkan pemenuhan batubara yang memerlukan proses blending,” ujarnya.Herman menambahkan, adanya stockpile nasional tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas batubara yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Disamping itu, adanya tempat penimbunan ini juga bisa menghindari praktek-praktek Penambangan Tanpa Izin (PETI) karena siapa pemasoknya akan lebih bisa dikenal."Pasok batubara dari PETI bisa dihindari," ungkapnya.

JAKARTA-Indonesia perlu memikirkan untuk membangun stockpile batubara guna menjaga keamanan pasokan batubara nasional dalam jangka panjang, sekaligus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News