Indonesia Resmi Keluar OPEC

Produksi Minyak Mentah Turun

Indonesia Resmi Keluar OPEC
Indonesia Resmi Keluar OPEC
JAKARTA - Indonesia akhirnya secara resmi menyatakan mundur dari keanggotaan organisasi negara-negara pengekspor minyak (Organization Petroleum Exporting Countries/OPEC). Keputusan itu disampaikan dalam Konferensi Ke-149 OPEC yang berlangsung 9–10 September 2008, di Wina, Austria. ’’OPEC memahami situasi Indonesia sebagai net oil importer,’’ kata Gubernur OPEC untuk Indonesia Maizar Rahman melalui pesan singkatnya, Rabu (10/9).

Menurut dia, peserta konferensi dan Indonesia sepakat dengan status suspensi keanggotaan. Mereka juga mengharapkan Indonesia dapat kembali menjadi anggota OPEC sepenuhnya. ’’Bila situasinya sudah memungkinkan,’’ terangnya.

Dengan demikian, Indonesia mengakhiri keanggotaan selama 47 tahun di OPEC. Indonesia tercatat bergabung dengan OPEC pada 1961. Indonesia juga satu-satunya wakil Asia di OPEC.

Keputusan keluar dari OPEC yang didengungkan pemerintah sejak Mei lalu itu dipicu oleh produksi minyak mentah yang terus turun, dari 1,6 juta barel per hari (bph) pada 1996 menjadi hanya sekitar 970 ribu bph tahun ini. Tahun depan produksi diperkirakan kembali turun ke angka 960 ribu bph.

JAKARTA - Indonesia akhirnya secara resmi menyatakan mundur dari keanggotaan organisasi negara-negara pengekspor minyak (Organization Petroleum Exporting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News