Rabu, 27 September 2017 – 01:15 WIB

Indonesia Siap Memukau Dunia dalam Festival Seni Europalia

Kamis, 14 September 2017 – 17:03 WIB
Indonesia Siap Memukau Dunia dalam Festival Seni Europalia - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia akan menjadi tamu kehormatan (guest country) dalam Europalia Arts Festival atau Festival Seni Europalia yang berlangsung pada 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018 di tujuh negara Eropa.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, sebagai guest country, Indonesia harus semakin mematangkan persiapan, karena festival akbar ini adalah kesempatan emas dalam memperkenalkan kekayaan seni budaya Indonesia di dunia internasional.

"Dalam festival ini Indonesia akan mengangkat tema heritage, contemporary, creation, and exchange," ujar Puan usai memimpin rapat persiapan penyelenggaraan Europalia Arts Festival di ruang rapat utama Lt.7 gedung Kemenko PMK, Jl. Medan Merdeka Barat No.3, Jakarta, Kamis (14/9).

Hadir dalam rakor ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta pejabat dari Kementerian Pariwisata.

Perhelatan Europalia Arts Festival 2017 ini akan berlangsung di tujuh negara Eropa, yakni Inggris, Belanda, Belgia, Jerman, Polandia, Prancis dan Austria. Masyarakat di tujuh negara inilah yang akan mendapat suguhan keindahan ragam seni dan budaya Indonesia.

Puan mengatakan, pembukaan acara akan berlangsung di Brussel Belgia, dan akan dibuka oleh Raja Belgia dan juga Wapres Jusuf Kalla. "Indonesia akan menampilkan 316 peserta seni selama 104 hari meliputi tujuh negara tadi," ujar Menko PMK.

Dalam kegiatan ini Kementerian Pariwisata akan mempromosikan 10 destinasi wisata Indonesia. Puan mengatakan, sejauh ini persiapan Indonesia yang dikoordinasikan oleh Mendikbud sudah mencapai 80 sampai 90 persen. Posko festival sendiri sudah disiapkan di Brussel dan dengan koordinasikan oleh Menlu Indonesia dan Menlu Belgia.

"Europalia Arts Festival akan memberi pengalaman berharga bagi para pelaku seni dan budaya untuk bisa ditularkan kepada stakeholders lainnya. Indonesia merupakan negara ASEAN pertama yang menjadi guest country dalam Festival Seni Europalia. Sedangkan untuk kawasan Asia, Indonesia menjadi negara keempat setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT), India, dan Jepang.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini