Indonesia Terpilih Jadi Anggota Reguler GB-ILO 2021-2024

Sabtu, 19 Juni 2021 – 17:50 WIB
Indonesia Terpilih Jadi Anggota Reguler GB-ILO 2021-2024 - JPNN.com
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta perusahaan mengutamakan keselamatan pekerja karena saat ini kasus Covid-19 melonjak tajam. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan Indonesia berhasil terpilih sebagai Anggota Reguler Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) periode 2021-2024 dari Government Electoral College.

Pemilihan tersebut dilakukan pada rangkaian International Labour Conference (ILC) ke-109 yang diadakan secara daring, di Jenewa, Swiss, Senin (14/6).

Menurut Ida Fauziyah, melalui keanggotaan GB ILO Indonesia berpeluang untuk mendorong iklim ketenagakerjaan dalam memanfaatkan bonus demografis.

"Secara regional terpilihnya Indonesia, juga kesempatan untuk bisa membantu memecahkan persoalan-persoalan ketenagakerjaan di kawasan Asian dan juga global," kata Ida dalam Siaran Pers Kemnaker di Jakarta, Sabtu (19/6).

Ida Fauziyah menjelaskan Indonesia senantiasa mendukung pemajuan kerja layak yang tercermin dari kerja sama tripartit antara pemerintah, pengusaha, dan serikat pekerja, yang tergabung dalam Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional.

Selain sebagai Anggota Reguler GB-ILO saat ini, Indonesia juga menjadi koordinator negara-negara ASEAN di ILO.

Dia menyebut pada pemilihan tersebut Indonesia memperoleh 210 dukungan dari 230 total suara dan akan mewakili Kawasan Asia Pasifik bersama Arab Saudi, Australia, dan Pakistan.

Hal ini memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mendorong program-program ILO yang sejalan dengan kepentingan nasional Indonesia, maupun negara-negara di kawasan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...