Indonesia Tingkatkan Kerja Sama dengan Afrika Selatan

Indonesia Tingkatkan Kerja Sama dengan Afrika Selatan
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah Indonesai akan melakukan peningkatan kerja sama di bidang penerbangan dengan Afrika Selatan.

Mengingat Presiden Jokowi menginginkan Indonesia bisa menjadi hub Afsel ke negara-negara Asia.

Sebaliknya Indonesia akan menjadikan Afsel sebagai hub Indonesia ke negara-negara Afrika.

Sementara Dubes Indonesia untuk Afsel Suprapto Martosetomo yang mendampingi Budi melepas kepulangan Presiden Afsel mengatakan, banyak sekali peluang bisnis dengan Afsel yang bisa dimanfaatkan Indonesia.

"Afsel sudah maju dalam teknologi. Untuk sektor kereta api kita bisa masuk kesana melalui Inka, untuk mengembangkan sektor perkeretaapian di Afsel," jelas Suprapto.

Kerja sama Indonesia dengan Afsel khususnya di sektor transportasi udara sudah dimulai sejak 1997. Pada tahun itu telah dilakukan penandatangan perjanjian induk pembukaan hubungan udara kedua negara.

Berlanjut pada tahun 2013, kedua negara melakukan penandatangan MoU terkait pengaturan hak-hak angkutan udara.

Namun, hingga saat ini belum ada maskapai penerbangan yang melayani penerbangan antar kedua negara, baik itu dari maskapai nasional maupun maskapai Afsel.(chi/jpnn)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah Indonesai akan melakukan peningkatan kerja sama di bidang penerbangan dengan Afrika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News