Menhub: Gunakan Kapal Lebih Ekonomis Dibanding Jalan

Menhub: Gunakan Kapal Lebih Ekonomis Dibanding Jalan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Perum Damri dan PPD akan menyediakan shuttle bus gratis dari sejumlah titik untuk mengangkut penumpang yang akan menggunakan kapal Ro-Ro.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan berpindahnya angkutan truk dari jalan raya ke kapal biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis.

“Menggunakan kapal itu lebih ekonomis dibandingkan menggunakan jalan. Karena apa? Satu, karena sparepart, kedua karena (ongkos) tol, ketiga biaya BBM solar, dan keempat karena di jalan ada banyak orang yang harus dikasih," ujar Budi di Jakarta.

Sementara itu untuk kapal Ro-Ro lintasan Jakarta - Surabaya, Budi meminta agar sudah bisa digunakan untuk angkutan lebaran tahun ini.

"Kita ingin sebelum puasa, kapal Ro-Ro Jakarta-Surabaya sudah berangkat," harap Budi.

Sebagai informasi, lintasan kapal Ro-Ro yang saat ini sudah beroprasi adalah lintasan Lampung - Jakarta PP oleh kapal swasta dan lintasan Surabaya-Lembar pp oleh ASDP Indonesia Ferry.

Sedangkan lintasan Jakarta - Surabaya PP akan segera beroperasi.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Perum Damri dan PPD akan menyediakan shuttle bus gratis dari sejumlah titik untuk mengangkut penumpang


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News