Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Afrika Selatan

Kemenhub Jajaki Kerja Sama dengan Afrika Selatan
Bandara. Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan tengah melakukan penjajakan kerjasama di bidang transportasi udara dan perkeretaapian dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyehlekisa Zuma.

Sebelum balik ke negara asalnya, Jacob menyampaikan kebahagiaannya selama berada di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melepas kepulangan Presiden Zuma di bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu malam (8/3).

"Presiden dan delegasi Afsel menyatakan senang berkunjung ke Indonesia dan mengapresiasi pemerintah Indonesia. Beberapa hal yang akan kami jajaki dengan Afsel adalah kerjasama bidang penerbangan, dan perkeretaapian di Kalimantan," ujar Budi.

Saat ini sudah ada perusahaan Afsel yang tertarik berinvestasi membangun perkeretaapian di Kalimantan untuk angkutan batubara.

"Di Afsel itu bidang pertambangannya juga sudah maju. Jadi nanti akan ada satu perusahaan di sana yang akan ketemu untuk membahas kerjasama angkutan KA batubara di Kalimantan," terang Budi.

Selanjutnya, Kementerian Perhubungan akan mengkaji lebih dalam kerjasama tersebut dan membahas secara detail perjanjian atau MoU dengan Afsel agar semuanya jelas.

"Memang saat ini belum ada sebuah perjanjian, karena kalau membuat perjanjian itu kan harus detail. Jangan sampai sudah berbicara ini itu tapi tindak lanjutnya tidak ada," tandas Budi.(chi/jpnn)


Kementerian Perhubungan tengah melakukan penjajakan kerjasama di bidang transportasi udara dan perkeretaapian dengan Presiden Afrika Selatan Jacob


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News