Indonesia U-16 Libas Timor Leste 3-0

Indonesia U-16 Libas Timor Leste 3-0
Para pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam. Foto: Dipta Wahyu/Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Timnas U-16 Indonesia dengan skor 3-0 atas Timor Leste dalam laga grup A Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabu (4/8) malam. Target tak kebobolan alias cleansheet Indonesia, tercapai.

Pada pertandingan ini, pelatih Fakhri Husaini ternyata melakukan sejumlah rotasi. Masih dengan formasi 4-3-3, ia memainkan Amiruddin Bagus Kahfi yang di laga sebelumnya hanya jadi pemain pengganti. Bagus jadi ujung tombak, diapit oleh Yadi Mulyadi dan Hamsa Lestaluhu yang dalam laga ini diberi kesempatan jadi starter.

Dengan formasi pemain yang agresif ini, Indonesia sejak menit awal bermain dengan maksimal. Serangan demi serangan dilakukan, Eksekusi tendangan bebas Andre Oktaviansyah yang gagal ditangkap sempurna oleh Marcio Das Dores menghasilkan bola muntah, bola liar jatuh di kaki David Maulana sayang sepakannya masih menyamping.

Amiruddin Bagus Kahfi kemudian mendapat peluang. Sayang, sundulannya tak terlalu kencang sehingga mudah ditangkap kiper Timor Leste. Kartika Vedhayanto kemudian mencoba sepakan jarak jauh, hasilnya nyaris gol tercipta. Tapi, lagi-lagi kiper Timor Leste tampil apik.

Kegagalan lini depan Indonesia untuk menghasilakan gol, membuat pelatih Fakhri Husaini melakukan perubahan. Yadi Mulyadi, winger kanan ditarik dan memasukkan M Supriadi. Sayang, sampai masuk menit akhir babak pertama, skor tak berubah dan tetap 0-0.

Pada babak kedua, Indonesia yang didukung puluhan ribu suporter langsung menekan. Hasilnya, sembilan menit babak kedua berjalan, Bagas akhirnya berhasil mengubah skor menjadi 1-0.

Gol itu menjadikan Timor Leste mencoba untuk berusaha menyerang. Namun, ketenangan dan kesabaran pemain Indonesia yang di atas kertas lebih baik mampu membuat upaya tim tamu sia-sia.

Pemain pengganti Sutan Zico kemudian membuat skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-72 setelah memanfaatkan assist Bagus Kahfi. Pesta gol Indonesia kemudian diakhiri oleh Bagus yang mencatatkan namanya untuk kali kedua pada menit ke-81. Dengan kemenangan ini, Indonesia tak mungkin lagi tergeser dari posisi juara grup dengan 12 poin dari empat laga. (dkk/jpnn)


Timnas U-16 Indonesia dengan skor 3-0 atas Timor Leste dalam laga grup A Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabu (4/8) malam.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News