Indonesia U-23 Kalah dari Australia, Shin Tae Yong Singgung Mental Pemain

Indonesia U-23 Kalah dari Australia, Shin Tae Yong Singgung Mental Pemain
Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong saat memberikan instruksi kepada anak asuhnya. Foto: (Media PSSI)

jpnn.com, TAJIKISTAN - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Australia 2-3 dalam laga Grup G Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10) malam.

Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menilai anak didiknya sempat dilanda ketakutan sebelum bertanding.

Sorotan tersendiri diberikan oleh pelatih asal Korea Selatan itu terhadap mental para pemainnya. Dalam kacamatanya, terlihat Asnawi Mangkualam cum suis sudah takut lebih dahulu sebelum bermain.

"Babak pertama, kalau kami jumpa lawan yang lebih baik secara fisik dan kuat, para pemain terlihat takut lebih dahulu. Mengecil mentalnya, padahal pemain punya kemampuan," katanya, usai laga.

Karena sudah takut lebih dahulu itulah permainan Indonesia U-23 tak muncul. Skil individu dan ketenangan yang diharapkan saat menguasai bola hilang seketika dan mudah dibaca oleh pemain asal Negeri Kanguru itu.

"Pemain takut dahulu sebelum main, jadi performa mereka yang baik itu tidak kelihatan," terangnya.

Dalam pertandingan ini, Indonesia sejatinya mampu menahan imbang Australia 0-0 pada babak pertama.

Namun, di paruh kedua banjir gol terjadi. Indonesia U-23 sempat tertinggal 0-2 setelah Australia mencetak gol via Mark Tokich menit ke-53 dan Patrick Wood (59').

Shin Tae Yong menyebut kekalahan 2-3 Indonesia U-23 dari Australia karena mental timnya jatuh lebih dahulu sebelum bertanding.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News