Indosiar Jaminkan Saham Rp 200 M

Indosiar Jaminkan Saham Rp 200 M
Indosiar Jaminkan Saham Rp 200 M
JAKARTA - PT Indosiar Karya Media Tbk berencana menjaminkan saham salah satu anak usahanya kepada sejumlah bank yang telah memberikan pinjaman. Saham yang akan dijaminkan adalah 20 persen saham PT Indosiar Visual Mandiri (IVM) senilai Rp 200 miliar. Pinjaman yang didapatkan emiten berkode IDKM itu diperoleh dari sejumlah bank seperti BCA, Panin, dan CIMB Niaga. Nilai pinjaman sebesar Rp 500 miliar dan digunakan untuk membiayai kembali (refinancing) obligasi seri I perseroan yang telah jatuh tempo sebesar Rp 700 miliar.

Direktur IDKM Phiong Phillipus Darma menjelaskan, rencana tersebut akan dibahas dalam RUPS perseroan pada 16 Desember mendatang. "Ini hanya kita jaminkan saja, sebagai tambahan jaminan saham," ujarnya di Jakarta kemarin (2/12).

Perseroan, kata dia, sebenarnya sudah melakukan penjaminan dengan sejumlah aset. Jadi, jaminan saham anak usaha tersebut hanya digunakan sebagai tambahan atas kolateral yang sudah diajukan ke tiga bank tersebut sebagai kreditur.

Terkait ekspansi, perseroan justru akan melakukan efisiensi. Alokasi belanja modal (capital expenditure) akan benar-benar dicermati sebelum dianggarkan. Kecuali untuk perawatan yang diperkirakan menelan biaya Rp 10-20 miliar. "Misalnya, akan kami pertimbangkan rencana untuk membangun studio baru," tuturnya. Untuk studio tersebut, diperkirakan nilai investasinya mencapai Rp 21 miliar. Jika krisis finansial mulai mereda, perseroan akan merealisasikan rencana investasi tersebut.

JAKARTA - PT Indosiar Karya Media Tbk berencana menjaminkan saham salah satu anak usahanya kepada sejumlah bank yang telah memberikan pinjaman. Saham

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News