Indra Charismiadji Usul Gaji Guru Disesuaikan Kualitasnya

Indra Charismiadji Usul Gaji Guru Disesuaikan Kualitasnya
Pengamat pendidikan Indra Charismiadji usul besaran gaji guru sesuai kualitasnya. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji menilai rerata guru di Indonesia belum menjalankan amanah untuk mencerdaskan bangsa. Aspek pendidikannya masih gagal. Guru hanya menjalankan rutinitas.

"Kalau dibilang banyak guru enggak fokus ngajar karena cari tambahan pendapatan, enggak tepat juga. Banyak kok guru yang digaji tinggi tetapi tidak menjalankan amanah mencerdaskan bangsa. Sebab, mereka bekerja tidak pakai planning," kata Indra kepada JPNN.com, Rabu (27/11).

Saat ini masalah guru di Indonesia masih berkutat pada kualitas, kuantitas, dan kesejahteraan. Mestinya, guru berkualitas tinggi diberikan gaji grade atas. Sebaliknya guru berkualitas rendah, gajinya grade bawah.

"Kalau ingin kualitas guru meningkat, merit sistem harus diberlakukan. Yang berkualitas digaji tinggi. Yang tidak berkualitas digaji rendah atau dipecat saja sekalian. Daripada memelihara guru yang tidak bisa ngapa-ngapain atau mengajar tetapi malah bikin siswa makin bodoh," tuturnya.

Tindakan tegas itu menurut Indra harus dilakukan bila ingin menciptakan SDM unggul dan bukan sekadar retorika.

Untuk menilai kualitas guru, lanjut Indra, harus dibuat aplikasi sederhana. Mulai dari performance, feedback siswa, karya, semua bisa dijadikan variabel.

"Jadi buat 360 degree assessment. Yang menilai kepsek, pengawas, sesama guru, dan siswa. Semuanya pakai aplikasi ya, bukan manual. Dari situ bisa dilihat kualitas gurunya. Kalau jelek banget ngapain dipertahankan. Lebih baik dipecat saja," pungkasnya. (esy/jpnn)

 

Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji usul agar besaran gaji guru diberikan sesuai kualitasnya.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News