Industri Bahan Baku Dapat Insentif

Industri Bahan Baku Dapat Insentif
Industri Bahan Baku Dapat Insentif
JAKARTA - Pemerintah berjanji akan mendorong pengembangan industri bahan baku. Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, upaya tersebut mesti dilakukan untuk merespons tren penurunan surplus neraca perdagangan Indonesia.

Salah satu yang tengah disiapkan adalah dengan memberikan insentif tax holiday kepada industri produsen bahan baku. "Kita tidak mau terjadi overheating karena ketidaktersediaan bahan baku. Makanya industri bahan baku (diberi insentif) berupa tax holiday kalau perlu, agar industri manufaktur kita tumbuh sehat dan agar tidak membebani impor," kata Hatta di kantornya, Selasa (3/5).

Hatta mengatakan, peningkatan impor bahan baku sebenarnya menunjukkan pertumbuhan industri manufaktur. "Kalau impor bahan baku meningkat, itu bukan konsumtif. Itu artinya industri manufaktur kita meningkat," katanya.

Menggeliatnya industri manufaktur itu tecermin dari data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan pertumbuhan sektor itu hingga 5,15 persen sepanjang triwulan pertama tahun ini. "Makanya kita harus bangun industri bahan baku. Perlu insentif," kata Hatta.

JAKARTA - Pemerintah berjanji akan mendorong pengembangan industri bahan baku. Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, upaya tersebut mesti dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News