Industri Manufaktur Sedang dan Besar Masih Bertaji

Industri Manufaktur Sedang dan Besar Masih Bertaji
Ilustrasi pekerja industri. Foto: Rakyat Kalbar/JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur Teguh Pramono mengatakan, pertumbuhan industri manufaktur sepanjang triwulan keempat 2018 mencapai 0,56 persen dibanding triwulan ketiga pada tahun yang sama.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, pertumbuhan industri besar dan sedang mencapai 7,19 persen.

“Sebenarnya ini mengalami pelambatan kalau dilihat pada semester ketiga 2018 yang mampu tumbuh hingga 10,91 persen jika dibandingkan dengan semester kedua,” terang Teguh di Surabaya, Senin (4/2).

Teguh menambahkan, industri furnitur masih menempati urutan tertinggi dengan pertumbuhan 14,27 persen pada triwulan keempat 2018 dibandingkan triwulan ketiga.

Setelah itu diikuti industri barang galian bukan logam sebesar 9,84 persen, industri logam dasar (7,28 persen), dan industri pengolahan tembakau (6,96 persen).

Sementara itu, industri minuman tumbuh 5,98 persen dan industri pakaian jadi naik 5,18 persen.

“Untuk sektor industri manufaktur besar dan sedang yang turun adalah industri kayu, barang dari kayu dan gabus sebesar 25,12 persen,” tutur Teguh.

Kondisi yang sama juga terjadi pada industri farmasi. Teguh menuturkan, sektor ini terkoreksi 7,07 persen.

Teguh Pramono mengatakan, pertumbuhan industri manufaktur sepanjang triwulan keempat 2018 mencapai 0,56 persen dibanding triwulan ketiga pada tahun yang sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News