Industri Pasta dan Ekspor Solusi Bawang Merah di Brebes

Industri Pasta dan Ekspor Solusi Bawang Merah di Brebes
Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi mengunjungi sentra bawang merah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Foto: Istimewa

jpnn.com, BREBES - Kementerian Pertanian (Kementan) tengah berupaya agar pasokan bawang merah mampu memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan hingga Lebaran. Bahkan mendorong pembangunan industri pasta dan ekspor.

Untuk itu, Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi mengunjungi Kabupaten Brebes yang merupakan sentra bawang merah dengan kontribusi 21 persen dari produksi nasional .

“Ini kami pantau pertanaman dan terlihat nanti akan panen raya yakni Juni 4000 hektar dan Juli 3500 hektar. Bulan Juni-Agustus panen raya di Brebes, hasilnya mampu memasok kebutuhan kota-kota besar bahkan sampai luar Jawa,” kata Suwandi saat mengunjungi sentra bawang merah Brebes, Kamis (26/4).

Untuk menjamin kelancaran pasokan bawang merah, kata Suwandi, tata kelola bawang merah terus diperbaiki secara utuh mencakup hulu hingga hilir. Aspek hulu seperti meningkatkan kesuburan lahan, budidaya ramah lingkungan, hingga pada tata niaganya.

“Pada aspek hilir ini sedang dibangun industri pasta bawang merah dengan kapasitas 1 ton perhari. Direncanakaan beroperasi empat bulan ke depan,” terangnya.

Sementara pada tata niaga, selain dijual ke dalam negeri juga sedang mempersiapkan eskpor ke Thailand sebanyak 3000 ton pada bulan Juli-Agustus nanti. Penanganan hulu-hilir pendekatan kawasan dengan mendorong ekspor.

“Mendorong ekspor ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Dengan ekspor kesejahteraan petani meningkat dan pendapatan nasional pun naik,” ujar Suwandi.

Sementara itu, petani champion Bawang Merah Brebes, Juwari mengatakan, baru-baru ini di Brebes telah dibangun Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dengan nama PT Sinergi Brebes Inovatif. BUMP ini dibangun oleh 41 pemegang saham dari petani.

Kementerian Pertanian (Kementan) tengah berupaya agar pasokan bawang merah mampu memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan hingga Lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News