Infeksi Saluran Kemih Picu Gagal Ginjal

Infeksi Saluran Kemih Picu Gagal Ginjal
Infeksi Saluran Kemih Picu Gagal Ginjal
GEJALA infeksi saluran kemih (ISK) pada anak perlu diwaspadai. Apalagi gejala yang ditimbulkan sering tidak khas. Jika terlambat dideteksi dini, gejala itu bisa berlanjut pada komplikasi yang lebih parah. Salah satunya adalah gagal ginjal.

Menurut dr. Pandji, Sp.A., penyakit ISK termasuk sering terjadi pada anak-anak usia di bawah satu tahun. Anak laki-laki lebih rentan. Jika sudah di atas satu tahun, kasus anak perempuan lebih sering ditemukan. ’’Jadi tidak bisa dianggap remeh,” ujarnya.

Mengenai penyebab, Pandji mengatakan, ISK pada anak diakibatkan infeksi mikroorganis gram negatif terbanyak ekoli. Bisa juga oleh gram positif seperti virus dan jamur.

Adapun faktor yang mempermudah terjadi infeksi (predisposisi) pada anak laki-laki bisa karena penyempitan kulit pada ujung kelamin (firosis). Faktor predisposisi lain adalah adanya batu atau benda asing di saluran kemih, adanya aliran balik dari saluran kencing ke arah ginjal. ’’Bisa juga karena bentuk anatomi jenis kelamin,” ujarnya.

GEJALA infeksi saluran kemih (ISK) pada anak perlu diwaspadai. Apalagi gejala yang ditimbulkan sering tidak khas. Jika terlambat dideteksi dini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News