Inflasi Cukup Landai, Pemerintah Target di Bawah 9 Persen

Inflasi Cukup Landai, Pemerintah Target di Bawah 9 Persen
Inflasi Cukup Landai, Pemerintah Target di Bawah 9 Persen

jpnn.com - JAKARTA - Inflasi yang menjadi momok perekonomian sejak kenaikan harga BBM Juni lalu kini mulai jinak. Setelah mencatat deflasi (-0,35 persen) pada September, inflasi sepanjang Oktober lalu masih cukup landai di 0,09 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, komoditas utama pendorong inflasi Oktober adalah cabai merah yang harganya naik hingga 34,09 persen. Andilnya pada inflasi 0,18 persen. "Pasokan (cabai) dari sentra produksi kurang sehingga terjadi kenaikan harga cukup tajam di 59 kota," ujarnya di Kantor BPS kemarin (1/11).

Selain cabai, beberapa komoditas lain yang juga menjadi pendorong inflasi adalah tarif angkutan udara atau tiket pesawat yang naik 5,9 persen. Menurut Suryamin, ini disebabkan adanya libur Idul Adha sehingga permintaan tiket naik. "Jeruk dan rokok kretek filter juga naik, tapi andilnya tidak terlalu besar," ujarnya.

Suryamin mengatakan, secara umum, inflasi Oktober lalu masih tergolong landai daripada periode Oktober tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, inflasi ktober 2008 tercatat 0,45 persen, 2009 sebesar 0,19 persen, 2010 sebesar 0,06 persen, 2011 deflasi atau -0,12 persen, dan 2012 sebesar 0,16 persen. "Ini menunjukkan pengendalian inflasi cukup berhasil." 

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo menambahkan, catatan baik inflasi sebenarnya bisa didapat jika harga cabai merah tidak mengalami lonjakan terlalu tinggi hingga 34,09 persen. "Kalau misalnya harga cabai hanya naik 20 atau 25 persen, Oktober pasti deflasi," ujarnya.

Dengan catatan deflasi Oktober tersebut, tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Oktober) 2013 mencapai 7,66 persen dan tingkat inflasi year on year atau Oktober 2013 terhadap Oktober 2012 sebesar 8,32 persen.

Landainya inflasi Oktober tersebut disambut positif Menteri Keuangan Chatib Basri. Dia sebelumnya memproyeksi realisasi inflasi Oktober akan ada di bawah 0,4 persen. "Biasanya, (inflasi) Desember akan naik, tapi kita akan coba tekan agar inflasi tahun ini bisa di bawah 9 persen," katanya.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara mengatakan, inflasi inti month to month tercatat hanya 0,34 persen dan secara year on year hanya 4,73 persen. "Jadi masih dalam range yang cukup baik."

JAKARTA - Inflasi yang menjadi momok perekonomian sejak kenaikan harga BBM Juni lalu kini mulai jinak. Setelah mencatat deflasi (-0,35 persen) pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News