Inflasi September Di Luar Dugaan

Justru Rendah Jelang dan Sesudah Lebaran

Inflasi September Di Luar Dugaan
Inflasi September Di Luar Dugaan
JAKARTA - Bayang-bayang ancaman lonjakan inflasi karena even Lebaran 11 September lalu akhirnya tidak terbukti. Sepanjang bulan lalu, di luar prediksi, inflasi justru melandai.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, sepanjang September lalu, laju inflasi sebesar 0,44 persen. "Inflasi September ini jinak lho," ujarnya di Kantor BPS, Jumat (1/10).

Sebagai perbandingan, kata Rusman, inflasi pada September 2009 dimana saat itu juga bertepatan dengan Lebaran, mencapai angka 1,05 persen dan pada September 2008 mencapai 0,97 persen. "Jadi, inflasi rendah di bulan September seperti ini jarang terjadi, apalagi ada periode jelang dan sesudah Lebaran," katanya.

Menurut Rusman, dari sisi inflasi bulanan, inflasi September memang melandai. Pasalnya, inflasi bulanan periode Juli sempat melonjak hingga 1,57 persen dan pada Agustus masih 0,76 persen. "September agak turun karena lonjakan pada bulan-bulan sebelumnya sudah sangat tinggi," terangnya.

JAKARTA - Bayang-bayang ancaman lonjakan inflasi karena even Lebaran 11 September lalu akhirnya tidak terbukti. Sepanjang bulan lalu, di luar prediksi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News