Info dari Hasto soal Sederet Pertimbangan PDIP Memilih Capres

Info dari Hasto soal Sederet Pertimbangan PDIP Memilih Capres
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, SLEMAN - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum memutuskan nama bakal capres meski pelaksanaan Pilpres 2024 kian dekat.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, ada berbagai pertimbangan bagi partainya dalam menentukan dan mendeklarasikan bakal capres.

Hasto mengatakan dasar PDIP menentukan bakal capres bukan hanya aspek elektoral, melainkan juga kinerja dan karakter kandidatnya.

“Bagaimana pemimpin itu menyatu dengan kekuatan rakyat, lalu mampu memberikan jawaban atas berbagai masalah rakyat dan memiliki desain bagi masa depan. Itu tugas pemimpin,” ujar seusai menjadi pembicara seminar dalam rangka dies natalis Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Jumat (16/12).

Politikus asal Yogyakarta itu menjelaskan PDIP menyerahkan penentuan bakal capres itu kepada ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri.

“Ibu Mega-lah yang nanti akan memutuskan siapa yang akan dicalonkan PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin di kampanye Pilpres 2019 itu menegaskan penentuan momentum pengumuman capres dari PDIP harus memperhatikan berbagai aspek, antara lain, politik, kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, hingga dinamika politik internasional.

“Tentu juga melihat kesiapan partai, kesiapan pendukungnya. Semua dilihat,” ucap penyandang gelar doktor ilmu geopolitik dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Hasto Kristiyanto mengatakan ada banyak aspek yang mendasari PDIP dalam menentukan capres untuk Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News