Informasi Penting bagi Pelanggan PLN Kaya tapi Nikmati Setrum Bersubsidi

Informasi Penting bagi Pelanggan PLN Kaya tapi Nikmati Setrum Bersubsidi
Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MALANG  – Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Pelayanan Malang Suhandopo, mengatakan, di wilayah kerjanya ditemukan ada 763.094 pelanggan siluman yang ’nyerobot’ listrik bersubsidi.

Padahal, mereka seharusnya tidak berhak menerima listrik bersubsidi dengan daya 450–900 VA (volt ampere). Daya 450–900 VA itu hanya khusus untuk warga miskin saja. 

Yakni warga yang sudah memiliki kartu Indonesia sehat (KIS), kartu perlindungan sosial, dan surat keterangan tidak mampu. 

Disebutkan, yang memenuhi syarat penerima listrik bersubsidi hanya 36.875 pelanggan atau 4,6 persennya saja.

”Banyak pelanggan yang seharusnya tidak layak mendapat listrik bersubsidi, tapi tetap menggunakannya,” sesal Suhandopo, seperti diberitakan Radar Malang (Jawa Pos Group).

Data adanya pelanggan siluman itu diperoleh dari hasil pengecekan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 

Berdasarkan  penelusuran TNP2K, jumlah pelanggan yang seharusnya menerima daya listrik bersubsidi hanya sebanyak 36.875 pelanggan saja. Sedangkan sisanya, 763.094 pelanggan tidak berhak. 

Dia lantas menjelaskan, pelanggan listrik bersubsidi adalah pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. 

MALANG  – Asisten Manajer Pelayanan dan Administrasi PLN Area Pelayanan Malang Suhandopo, mengatakan, di wilayah kerjanya ditemukan ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News